Sad Ripu Dan Sapta Timira

Sad Ripu Dan Sapta Timira. Kadang dalam hal untuk mencapainya manusia selalu mengalami godaan baik dari dalam diri maupun dari luar. Kama artinya sifat penuh nafsu indriya.

Apes! Oknum Pegawai Koperasi Diringkus Polisi di Ampenan
Apes! Oknum Pegawai Koperasi Diringkus Polisi di Ampenan from www.agenparl.com

Sad ripu berasal dari bahasa sanskerta, dari kata sad berarti enam dan ripu berarti musuh. Jadi secara harafiah, sad ripu memiliki arti enam musuh. Keinginan disini adalah tidak bisa terkendalikan dapat membawa menusia ke jurang neraka.

Sapta Timira Adalah Tujuh Kegelapan Atau Kesombongan


Keinginan disini adalah tidak bisa terkendalikan dapat membawa menusia ke jurang neraka. Lobha artinya sifat loba dan serakah.selalu ingin mendapat yang lebih banyak dari orang lain. Jadi sapta timira berarti “tujuh kegelapan”.

Sapta Timira Adalah Tujuh Macam Kegelapan Pikiran, Yaitu :


Yang lebih dikenal dengan sebutan sapta timira, yakni sebagai berikut. Ripu, sapta timira dan sad atetayi. Sad ripu sad ripu adalah enam macam musuh yang ada dalam setiap diri manusia.

Jadi Dengan Terkendalinya Tri Guna, Sad Ripu, Sad Atatayi Dan Sapta Timira Serta Menjalankan Ajaran Catur Asrama Dan Panca Yadnya Maka Hakikat Manusia Khususnya Harkat Dan Martabat Yang Baik Dapat Mencapai Tujuan Agama Hindu Yaitu Moksa.


Kegelapan pikiran ini dapat menimbulkan tingkah laku yang jelek dan menyimpang dari ajaran agama. Dasa mala merupakan sumber dari kedursilaan, yaitu bentuk perbuatan yang bertentangan. Yang dimaksud tujuh kegelapan adalah tujuh unsur atau sifat yang menyebabkan pikiran orang menjadi gelap/mabuk.

Jadi Sapta Timira Berarti “Tujuh Kegelapan”.


Pada dasarnya widya awidya adalah kata kunci terbaik dari bagaimana pengetahuan suci (pure supreme knowledge) adalah membuka sebuah pembebasan dari penderitaan itu sendiri. Sesungguhnya bukan upacaranya yang salah, tetapi oknumnya yang tak mau memahami dengan benar dan bahkan masih diliputi sad ripu, sapta timira dan sad atatayi, sehingga ketika mendapat masalah, justru dengan mudahnya mengkambinghitamkan upacara itu sendiri, tanpa pernah mau introspeksi diri. Meminjam kekuatan dewata untuk menundukkan sad ripu.sangat perlu diketahui dan sudah dikenal jga secara umum, bahwa kita memiliki enam musuh yg berada dalam diri kita.dan itu sungguh membuat kita bisa menjauh dari sisi kedharmaan itu sendiri.musuh2 itu mengikuti kita selalu, bahkan sampai menuju jurang kematian, dan semoga saja hidup kita selalu.

Krodha Artinya Sifat Kejam Dan Pemarah.


Pengertian sad ripu sad ripu berasal dari kata sad yang berarti enam dan ripu yang berarti musuh. Dasa mala merupakan sumber dari kedursilaan, yaitu bentuk perbuatan yang bertentangan. Ketujuh hal ini dalam masyarakat disebut peteng pitu atau tujuh kegelapan.

Posting Komentar untuk "Sad Ripu Dan Sapta Timira"